Pertama di RI! Kereta Tanpa Rel Bakal Jalan di IKN, Ini Penampakannya

 


Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa sarana Trem Otonom (Autonomous Rail Transit - ART) telah siap diuji Coba di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (6/8/2024).

Guna mendukung uji coba ini, Risal menyebut bahwa jajaran DJKA saat ini tengah melakukan pengujian internal pada sarana, prasarana, dan sumber daya manusia (SDM) ART. Pengujian internal ini diharapkan dapat rampung selambatnya pada 9 Agustus 2024.

Baca Artikel : Rute Baru KA Blambangan Ekspres: Stasiun Pasarsenen-Ketapang

Autonomous Rail Transit - ART di IKN/Dok: Kemenhub


“Jika berjalan lancar, kami menargetkan ART sudah dapat diuji coba secara dinamis (bergerak) di rute pendek (loop kecil) pada 10 Agustus 2024,” ungkap Risal dalam keterangannya.

Rute pendek atau loop kecil yang dimaksud Risal merupakan rute uji coba melingkar dari Gedung Kemenko 3 menuju Gedung Kemenko 2 dan kembali ke Gedung Kemenko 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Autonomous Rail Transit - ART di IKN/Dok: Kemenhub

Lebih lanjut, Risal menjelaskan bahwa uji coba ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan pengoperasian ART  pada upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Risal menerangkan, fase uji coba tersebut dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan, sejak uji coba dinamis. Pengujian dimaksudkan untuk lebih mengetahui kelayakan operasi ART. Tahap selanjutnya adalah evaluasi bersama DJKA dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN,  sebelum dipamerkan (showcase) untuk umum pada 10 Oktober hingga 31 Desember 2024.

“Nantinya, ART akan berhenti di delapan halte di sepanjang ruas utama Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya yaitu bus rapid transit (BRT)," ucap Risal.

Autonomous Rail Transit - ART di IKN/Dok: Kemenhub

Baca Artikel : Balai Yasa Manggarai Modifikasi Kereta Ekonomi Jadi New Generation, Ini Penampakannya

Keunggulan Automated Rail Transit 

Indonesia akan memiliki moda transportasi baru yang akan berjalan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Namanya Automated Rail Transit (ART) yang sering disebut-sebut sebagai kereta tanda rel.

Pemerintah Indonesia telah mendatangkan rolling stock ART tersebut dari produsen kereta asal China, China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC). Lantas apa saja keunggulannya dari ART ini?

ART beroperasi dengan menggunakan rel virtual dengan simbol marka jalan serta dilengkapi sistem magnet. Kecepatan ART bisa mencapai 70 km/jam. Satu rangkaian ART berkapasitas total 324 penumpang  

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama