Top! Proyek LRT Jakarta Velodrome-Manggarai Sudah Tembus Rawamangun


Proyek pembangunan LRT Jakarta Fase 1B dari Velodrome menuju Manggarai dengan nilai Rp5,5 triliun terus menunjukkan progres signifikan. Hingga pekan ketiga September 2024, progres konstruksi proyek itu berhasil mencapai 29,17%. 

Salah satu milestone penting yang tengah dipersiapkan adalah Test Track atau uji coba jalur dari Stasiun Velodrome, yang dilakukan pada 30 September 2024 lalu. Uji coba ini menandai langkah penting dalam memasuki fase lanjutan proyek, yaitu pengecekan jalur yang telah dibangun.

Baca Artikel : Pertama di RI! Kereta Tanpa Rel Bakal Jalan di IKN, Ini Penampakannya
 

Test track LRT Jakarta Velodrome-Rawamangun/Dok: LRT Jakarta

Sebelum uji coba dilakukan, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) bersama KSO (PT Waskita Karya Tbk, PT Nindya Karya, dan PT Len Railway System) akan memastikan kesiapan infrastruktur, termasuk jalur, pekerjaan track, serta perangkat pendukung operasional lainnya. Semua persiapan ini dirancang untuk memastikan keamanan dan kelancaran uji coba jalur LRT Jakarta Fase 1B.

Sebagai bagian dari persiapan ini, setelah semua pemeriksaan rampung, akan dilakukan pemindahan peron operasional LRT Fase 1A di Stasiun Velodrome dari sisi barat ke sisi timur. Langkah ini bertujuan untuk menyelaraskan operasional LRT Jakarta dalam jangka panjang.

Test track LRT Jakarta Velodrome-Rawamangun/Dok: LRT Jakarta

Setelah persiapan tersebut selesai, uji coba jalur LRT Jakarta Fase 1B akan dilakukan menggunakan Kereta Luar Biasa, serta dilanjutkan dengan uji coba menggunakan MRV (Maintenance Rail Vehicle) dan 1 rangkaian LRV (Light Rail Vehicle).

Pencapaian pembangunan lintasan sepanjang 1,2 km dari Velodrome hingga Rawamangun, dari target 6,4 Km rute Velodrome-Manggarai ini mencerminkan komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mempercepat realisasi transportasi massal yang modern, efisien, dan ramah lingkungan bagi warga Jakarta.

Test track LRT Jakarta Velodrome-Rawamangun/Dok: LRT Jakarta


Proyek LRT Jakarta Fase 1B sendiri dikerjakan dari dua sisi: zona Velodrome – Pramuka dan zona Pramuka – Manggarai. Pembangunan jalur ini bertujuan untuk mendukung Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral transportasi Jakarta.

Dengan tersambungnya rute Velodrome–Manggarai, LRT Jakarta diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam mengurangi kemacetan dan mendorong penggunaan transportasi publik di Jakarta. Proyek LRT Jakarta Velodrome-Rawamangun ditargetkan selesai 2027 mendatang.

Baca Artikel : Asal Usul Jalur Kereta Api di Madura Hingga 'Dimatikan' Era Soeharto

Test track LRT Jakarta Velodrome-Rawamangun/Dok: LRT Jakarta


Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama